Rabu, 20 April 2011

Latihan soal sel
Jawablah dengan memberi pernyataan benar (B) jika pernyataan mengandung unsur benar atau salah(S) jika penyataan mengandung kesalahan!!
1.       Tumbuhan memiliki bentuk yang tegas dan keras karena sel-selnya memiliki dinding sel yang tersusun atas amilum, kolagen, dan lignin.
2.       Sel prokariotik tidak memiliki membran sel, sehingga materi genetiknya tersebar dalam sitoplasma.
3.       Organisme prokariota meliputi seluruh jenis arkhae, bakteri, dan beberapa jenis algae serta fungi.
4.       Pada sel hewan dan tumbuhan tingkat tinggi dijumpai adanya nukleus, mitokondria, vakuola, dan membran sel.
5.       Selain berfungsi untuk pemecahan polisakarida, ribosom pada tumbuhan herbaceus biannual  juga berfungsi untuk sintesis protein.
6.       Seluruh sel eukariotik memiliki nukleus.
7.       Dalam satu organisme antara sel kelamin, sel darah, dan sel syaraf memiliki susunan yang berbeda sehinga bentuk dan fungsi selnya berbeda pula.
8.       Pada eukariota, materi genetik (DNA) juga terdapat pada sitoplasma hanya saja pada pewarisan sifat DNA yang digunakan adalah DNA yang berasal dari kromosom pada nukleus.
9.       Sel saraf manusia berhenti membelah ketika manusia berumur lebih dari 60 tahun atau ketika telah mencapai masa dormansi sel syaraf yang ditandai dengan menurunnya daya ingat.
10.   Pembelahan secara meiosis pada sel-sel  leukosit meliputi tahap profase, metafase, anafase, telofase dan di akhiri dengan sitokinesis (pembagian materi sitoplasma) seta menghasilkan sel anakan yang bersifat diploid (2n) karena tidak terjadi proses pindah silang.
11.   Pada tumbuhan jati lingkaran tahun merupakan hasil dari aktivitas sel-sel pada jaringan xilem yang terus membelah dengan kecepatan yang berbeda antara musim kemarau dan penghujan.

Jawaban dan pembahasan
1.       Jawaban salah (S)
Alasan : dinding sel tumbuhan tersusun atas amilum atau lignin. Amilum merupakan polisakarida yang tersusun dari monomer-monomer glukosa dan lignin merupakn polisakarida yang mengikat gugus  nitrogen. Sedangkan kolagen merupakan protein dan dinding sel tumbuhan tidak tersusun atas protein.
2.       Jawaban salah(S)
Alasan : sel prokariota tidak memiliki membran inti (kariyon) namun memiliki membran sel. Materi genetiknya menyebar pada sitoplasma karena tidak ada selubung khusus seperti pada sel eukariota.
3.       Jawaban salah(S)
Alasan : angota prokariota hanya meliputi seluruh arkhae dan bakteri, sedangkan algae masuk kingdom protista yang merupakan eukariota dan seluruh fungi juga merupakan eukariota.
4.       Jawaban salah(S)
Alasan : vakuola hanya dijumpai pada sel tumbuhan, sedangkan pada sel hewan manapun tidak dijumpai.
5.       Jawaban salah(S)
Alasan : funsi ribosom adalah untuk mensintesis protein dengan bantuan enzim polimerase, sedangkan pemecahan polisakarida pada sel tumbuhan maupun hewan terjadi pada mitokondria.
6.       Jawaban salah(S)
Alasan : terdapat eukariota yang tidak memiliki nukleus seperti pada sel darah merah. Lingkaran hitam yang dicurigai sebagai nukleus merupakan cekungan dari bentuk sel itu sendiri.
7.       Jawaban salah(S)
Alasan : pada satu oragnisme seluruh selnya memiliki susunan materi genetik yang sama, hanya berbeda pada pengekspresiannya.
8.       Jawaban salah(S)
Alasan : pada eukariota meteri genetik terdapat pada nukleus dan ribosom tidak terdapat pada sitoplasma. Meteri genetik pada nukleus berfungsi untuk pewarisan sifat sedangkan pada ribosom berfungsi  untuk mengkode asam amino.
9.       Jawaban salah(S)
Alasan : sel saraf manusia tidak membelah, maka dari itu otak manusia memiliki miliyaran selsaraf yang saling terhubung dan dilindungi tulang tengkorak yang begitu keras.
10.   Jawaban salah(S)
Alasan : pembelahan meiosis hanya terjadi pada sel kelamin (sperma dan ovum), sel leukosit merupakan sel somatik (sel tubuh) sehingga tidak mengalami pembelahan meiosis, yang terjadi hanya pembelahan mitosis.
11.   Jawaban salah(S)
Alasan : pada tumbuhan sel yang aktif membelah merupakan sel-sel dari meristem primer maupun sekunder. Sedangkan xilem bukan merupakan jaringan meristem melaikan jaringan dewasa. Xilem terbentuk dari kativitas pertumbuhan kambium menuju pusat silinder , jadi yang membentuk xilem adalah kambium.




LATIHAN SOAL ANALISA TUMBUHAN
Petunjuk: Pilihlah lima jawaban dari opsi a-n yang menurut anda benar!


Soal: Andra melakukan sebuah observasi ke hutan hujan tropis di wilayah Kalimantan, dia mengamati sebuah tumbuhan dengan ciri-ciri sebagai berikut:

1.       Bentuk hidup tumbuhan tersebut adalah lignosus
2.       Umur tumbuhan cukup lama (perennial)
3.       Bentuk batang silindris dan berukuran besar
4.       Prtumbuhannya erectus
5.       Pertulangan daun menyirip
6.       Memiliki bunga kelipatsn lima
7.       Berkas pembuluh bersifat kolateral terbuka
Dari ciri-ciri diatas, maka dapat diketahui bahwa tumbuhan tersebut:
a.       Dikotil
b.      Monokotil
c.       Angiospermae
d.      Gymnospermae
e.      Merupakan herbaceus menahun
f.        Merupakan perdu yang telah berevolusi
g.       Hanya memiliki xilem atau floem saja karena bentuk hidupnya lignosus
h.      Dinding selnya mengalami penebalan lignin
i.        Terdapat  thalus pada batangnya
j.        Terdapat kormus pada batangnya
k.       Merupakan organisme saprofit heterotrof
l.        Merupakan organisme saprofit autotrof
m.    Kemungkinan dari famili piperaceae
n.      Kemungkinan dari famili  poaceae
o.      Mengalami pertumbuhan meristem sekunder

Jawaban dan pembahasan
·         Jawaban ‘’a’’ benar
Alasan : ciri-ciri tumbuhan dikotil adalah bunga kelipatan empat atau lima, batang berkambium, daun menyirip, akar tunggang, memiliki dua kotiledon
·         Jawaban ‘’b’’ salah
Alasan sudah jelas
·         Jawaban ‘’c’’ benar
Alasan : tumbuhan dikotil dan monokotil merupakan tumbuhan angiospermae
·         Jawaban ‘’d’’ salah
Alasan sudah jelas
·         Jawaban ‘’e’’ salah
Alasan : bentuk hidup tumbuhan lignosus merupakan tumbuhan berkayu yang sel-selnya mengalami penebalan lignin sehingga batang bersifat keras. Sedangkan herbaceus tidak mengalami penebalan lignin dan tidak memiliki kambium, batang lunak dan berwarna hijau karena sel pada batang memiliki klorofil seperti bada tumbuhan talas, lidah buaya, bayam dan lainnya.
·         Jawaban ‘’f’’ salah
Alasan : batang perdu memiliki ukuran yang kecil namun tinggi, sedangkan ciri=ciri yang disebutkan batang berukuran besar
·         Jawaban ‘’g’’ salah
Alasan : semua tumbuhan berpembuluh selalu memilki xilem dan floem
·         Jawaban ‘’h’’ benar
Alasan : ciri-cirinya menebutkan bahwa bentuk hidup lignosus, lignosus berasal dari kata lignin. Jadi tumbuhan pada dinding sel-selnya mengalami penebalan lignin.
·         Jawaban ‘’i’’ salah
Alasan : tumbuhan bertalus tidak memiliki pembuluh, apalagi bunga. Tumbuhan bertalus juga masih sangat sulit untuk dibedakan mana batang daun dan akar. Contoh tumbuhan bertalus adalah lumut.
·         Jawaban ‘’j’’ benar
Alasan : tumbuhan berkormus merupakan tumbuhan berpembuluh, meliputi pterydophyta (paku-pakuan) dan spermatophyta (tumbuhan berbiji)
·         Jawaban ‘’k’’ dan ‘’l’’ salah
Alasan : hampir semua tumbuhan bersifat autotrof yakni dapat memproduksi makanan sendiri dengan mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik kecuali pada beberapa tumbuhan parasit seperti benalu dan tali putri. Sedangkan organisme saprofit merupakan organisme yang memperoleh makanan dari sisa-sisa organisme lain yang telah mati seperti jamur dan bakteri pengurai atau dekomposer.
·         Jawaban ‘’m’’ dan ‘’n’’ salah
Alasan : familiamili  piperaceae merupakan famili sirih-sirihan dan poaceae merupakan famili padi-padian. Ciri yang disebutkan tidak menuujukan bahwa tumbuhan tersebut berada di famili piperaaceae maupun poaceae.
·         Jawaban ‘’o’’benar
Alasan  : suatu tumbuhan yang memiliki berkas pembuluh bersifat kolaterl terbuka artinya xilem dan floem berdampingan dan tidak ada sekat diantaranya. Diantara xilem dan foem terdapat kambium yang merupakan jaringan meristem lateral. Kambium tumbuh kedalam membentuk xilem dan tumbuh keluar membentuk floem.

Tidak ada komentar: